Belajar dari French Press

584a7f1d0992c
French Press from OttenCoffee.co.id

Ini pertama kalinya saya membeli alat kopi yang disebut French Press. French Press adalah alat yang wajib dimiliki jika tertarik dengan teknik penyeduhan kopi manual bergaya modern, yaitu Manual Brewing.

Alat ini tidak sengaja saya dapati saat berkunjung ke LSM Asing tempat dimana saya berperan sebagai volunteer. Saya membawa bubuk kopi arabica Gayo sebagai oleh-oleh karena saat itu saya baru pulang dari kota dingin Takengon yang terkenal akan kopinya. 2 teman bule saya-atau co-director LSM itu sangat berterimakasih atas pemberian saya, tetapi mereka meminta saya untuk memberi bubuk grade coarse saja. Saya saat itu bingung, karena belum pernah mendengar istilah grade tersebut. Karena bagi saya, yang namanya bubuk kopi arabica Gayo ya ini, bubuk halus (setelahnya saya paham ada sebutan lain untuk grade bubuk halus, yaitu Fine atau Super Fine, sehalus tepung terigu-pen).

Teman dari Hungaria, menunjukkan alat sakral ini ke saya. Dia bilang,”I want a coarse for this one”, sambil memperlihatkan sebuah French Press. Saya jadi tambah bingung, karena baru kali itu saya melihat alat ini. Cara penggunaannya pun saya tidak tahu.

Cerita diatas terjadi di tahun 2015. LSM tadi kini sudah tutup Desember kemarin, dan co-directornya pun kembali ke negara masing-masing melanjutkan mimpi. Saya pun demikian. Volunteer lain juga sama. French Press yang saya beli menjadi alat nostalgia bersama mereka. Menyeduh kopi dengan cara lain. Yang sepanjang hidup saya memakai ritual Tubruk untuk menyeruput secangkir kopi pagi.

French Press mengajari saya untuk sabar, menunggu kopi bereaksi 3-4 menit untuk menikmati sajian kopi terbaik. Menekan tombol French Press, menyaring ampas kopi dan keluarlah sari kopi yang nikmat, hikmahnya dalam hidup adalah, terkadang kita perlu mengalami tekanan untuk mengeluarkan bakat terbaik kita dan menampilkannya ke pentas dunia. Ingat, tak ada yang instan untuk hasil terbaik.

Begitupun dengan kopi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s