A. LATAR BELAKANG

Penelitian tentang kebencanaan membutuhkan keakuratan data yang spesifik, dan umumnya melibatkan masyarakat (baca : korban) sebagai responden. Tetapi, seringkali peneliti kurang memperhatikan etika dalam mengumpulkan data dan sumber informasi dari responden. Dimulai dari posisi peneliti sebagai orang asing bagi responden sehingga responden tidak memberikan data yang jelas dan akurat, hingga kesalahan dalam mengajukan pertanyaan yang belum menyentuh inti dari penelitiannya. Hal ini membuat Caroline Brassard, seorang peneliti dan dosen di Lee Kuan Yew School of Public Policy, Universitas Nasional Singapura (NUS) tergugah untuk membahas tentang pedoman etik bagi peneliti khususnya bidang kebencanaan dalam melakukan penelitian.

a.1 Antara Dilema Dan Pertanyaan Tersembunyi (Studi Kasus di Bhutan)

Pengalaman Caroline ke Bhutan saat negara tersebut diguncang gempa, ia mulai merancang rencana penelitian dengan metode : 1. Exploratory Research (Riset Menyelidiki), 2. Studi kasus di tiga kota, dengan menginterview 16 lembaga di Bhutan dan 3. Observasi lapangan. “Saya membuat pertanyaan yang tidak sensitif bagi responden, untuk menjaga perasaan mereka terhadap bencana yang mereka alami” ungkapnya.

a.2 Mengidentifikasi Masalah (Identifying the Problem)

“Anda harus melihat” kata Caroline ”segala hal dari berbagai sudut dan dampaknya”. “Anda harus segera membuat Pohon Masalah. Anda juga perlu bahkan harus membangun pertanyaan mendalam dan mengerucutkan bidang (scope) dan batas-batasnya. Perlu digarisbawahi adalah, pikirkan lagi tentang keterbatasan Anda ditinjau dari tenaga, waktu, dan hal-hal bersifat eksternal” ujarnya.

a.3 Mengukur Masalah (Measuring the Problem)

“Tantangan dalam mengukur masalah penelitian adalah seberapa panjang periode penelitian, untuk siapa penelitian ini ditujukan dan untuk apa, apa dan apa.” tegasnya. Untuk mengukur masalah penelitian haruslah menggunakan software dan kebutuhan penyimpanan data yang besar, dan peneliti diwajibkan untuk menguasai hal ini.

a.4 Validasi : Construct , Internal and External Validity

Membangun Validasi

Dalam membangun validasi, kita perlu merancang penelitian juga pengumpulan data, sumber-sumber yang banyak (multiple resources), dan melakukan triangulasi (meminta informan untuk mengisi daftar isian)

Validasi secara Internal

Melakukan analisis data, menyusun hubungan terhadap literatur, khususnya literatur antitesis dari referensi yang kita gunakan untuk membangun pendapat yang kuat dan berimbang.

External Validity

Mulai merancang desain penelitian dan melakukan pengujian terhadap responden uji.

Reliability

Peneliti masuk dalam tahap pengumpulan data dan mampu untuk menelusuri jejak penelitian tersebut (mudah diakses), dan menghindari kebingungan bagi pihak yang berkepentingan untuk mengakses hasil penelitian kita.

Pengumpulan Data (COLLECTING DATA)

Teknik Pengumpulan Data secara Kualitatif:

Direct Observation (Observasi Langsung) : untuk mempelajari bagaimana masyarakat percaya dan bagaimana cara mereka mempersiapkan diri dalam menghadapi siklus dampak bencana yang tidak bisa diprediksi

Mengumpulkan foto dan video yang berguna untuk presentasi ilmiah

Wawancara : terstruktur, semi terstruktur dan tidak terstruktur

Berimplikasi terhadap analisis data, dan

FGD__Butuh sebuah Tim

SELEKSI RESPONDEN (INTERVIEWEES)

-Informan vs Responden Tetap

-Peneliti harus menyadari bahwa responden yang didapat secara temporer dan by accident haruslah orang yang berminat dengan isu dan point yang kita ajukan dalam penelitian.

-Responden yang berurutan serta terstruktur

-Memahami latar belakang yang berbeda dari responden

-Menerapkan prinsip dasar Triangulasi

-Berhati-hati, pertanyaan tetap on the track dan jadilah fleksibel terhadap responden

Caroline juga menegaskan, peneliti perlu membedakan antara jenis-jenis pertanyaan yang diajukan kepada responden.

Contoh :

Attitude Questions : What is your opinion about….

Feelings Question : How did you feel..

Tahap akhir, peneliti juga perlu memeriksa kembali segala pertanyaan dan sebab-akibat yang sudah diajukan pada responden untuk keperluan klarifikasi, dengan menerapkan kaidah : “Pretesting your data collection, Pretest or Pilot, Re-Design data collection tools, and Organize data entry”.

*Pilot : buat semacam skema aksi sebelum launching

B. ETIKA PENELITIAN KEBENCANAAN

b.1 Privasi

Privasi menjadi hal penting dalam mengumpulkan data. Peneliti punya 2 (dua) pilihan, sebagai outsider atau insider bagi responden.

Contoh : Apakah kita dianggap orang luar (outsider) oleh responden atau tidak? Atau di bidang Antropologi, apakah orang Aceh meneliti tentang Aceh atau orang luar yang meneliti tentang Aceh? Hal ini penting karena berhubungan dengan keterbukaan responden terhadap orang asing dan dunia luar.

b.2 Confidentialy

Kerahasiaan menjadi kunci dalam membangun hubungan saling percaya antara peneliti dengan responden sehingga bila suatu saat dibutuhkan, responden dengan sukarela menyumbangkan gagasannya demi kemajuan penelitian kita. Selain itu, tiap Jurnal akan selalu menanyakan tentang etika penelitian yang kita pakai, tentang plagiarisme, tentang data yang digunakan, dsb

b.3 Anonymity

Tanpa menyebutkan identitas detil responden, berarti kita menghormati responden untuk dijaga hak kerahasiaannya guna keselamatan dirinya dan kepentingan penelitian

b.4 Informed Voluntary Consent

Responden secara sukarela memberikan informasi bagi kebutuhan peneliti dalam mengembangkan penelitiannya sesuai dengan kepentingan penelitian.

Contact Email : sppbc@nus.edu.sg

All original content based on discuss with Mrs. Caroline Bassard on Guest Lecture Session in ICAIOS and have been translating by Andi Tharsia

Seluruh konten berdasarkan hasil diskusi Guest Lecturer yang disampaikan dalam bahasa Inggris oleh Caroline Bassard di ICAIOS dan telah diterjemahkan oleh Andi Tharsia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s